Jual Bibit Kelapa Kopyor

Kelapa Kopyor merupakan kelapa dengan daging buah yang abnormal,jensi kelapa kopyor ini tak jauh berbeda dengan kelapa pada umumnya,hal yang membedakan nya terletak pada daging buah,yang melekat pada tempurung dan juga terpisah dari air kelapa nya. Pada dasarnya jenis kelapa kopyor ini mempunyai daging buah yang tidak melekat pada tempurung melainkan tercampur pada air kelapa.

Kelapa kopyor ini apabila kita mengguncang-guncang,maka akan terdengar suara yang yang ditimbulkannya sangat khas,hal ini berbeda dengan jenis kelapa biasa. Karena jenis daging kelapa kopyor ini mempunyai buah tidak melekat pada tempurung, maka selulosa (serat kasar) pada daging buah kelapa kopyor juga tidak terbentuk.

Jual Bibit Kelapa Kopyor

Varietas kelapa kopyor ini mempunyai tekstur daging buah yang tetap lunak dan juga terasa lembut. Karenanya,banyak sekali orang yang mengira,jika kelapa kopyor  ini adalah kelapa yang masih muda. Padahal,kelapa kopyor ini justru bisa dipetik dan bisa di minati kala usia sudah tua. Pada dasarnya jenis di semua kelapa,baik itu kelapa genjah maupun kelapa hijau semua nya sama-sama berpeluang untuk menjadi kopyor.

Selama ini yang banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat adalah berkembangnya mitos tentang pembuatan kelapa kopyor. Misalnya saja, pada bagian pangkal batang tanaman kelapa biasa, lalu kemudian dibakar sampai hangus, lalu di tanam pada tanah subur dan di sekitar batang digali dan diberi kapur dll.

Bahkan ada juga masyarakat yang percaya,bahwa kelapa jenis kopyor ini sangat biasa dan bisa saja diperam hingga menjadi kopyor. Semua itu tidak benar. Sebab terjadinya kelapa kopyor ini merupakan adanya  proses genetik dan terjadi secara ilmiah. Namun,ketika ada kelainan yang bersifat genetik,yang terjadi di setiap individu tanaman kelapa kopyor, sehingga dapat terjadi beragam proses tentang melekatnya daging buah yang ada pada tempurung kelapa.

Jual Bibit Kelapa Kopyor

Hasil benih dan juga uji labolatorium ini sudah berupa kecambah kelapa yang berukuran mikro. Panjangnya hanya sekitar 5 cm. Benih ini selanjutnya masih perlu dibesarkan dan diaklimatisasi dalam lab, kemudian di luar lab, agar siap untuk ditanam di lapangan berupa benih ukuran 0,5 m.

ASAL USUL KELAPA KOPYOR

Kelapa kopyor ini awal mulanya terjadi akibat adanya kalainan genetik yang mana kemungkinan besar akibat adantyapengaruh nutrisi, agroklimat, sinar matahari, serangan penyakit dll. Namun kelainan itu kemudian menjadi menetap, hingga sifat genetiknya bisa diturunkan pada generasi berikutnya.

Namun kelapa kopyor tidak bisa dijadikan benih (bibit). Sebab, meskipun kelapa kopyor memiliki embrio (kenthos) normal, namun embrio ini tidak bisa tumbuh secara normal karena terpisah dari daging buah, yang akan menjadi cadangan nutrisi untuk pertumbuhannya.

Tekstur pada embrio kelapa kopyor ini berupa butiran kecil namun agak memanjang dan dominan berwarna putih dengan ukuran 1 sd. 1,5 mm. Pada tiap butir kelapa setidaknya terdapat tiga calon embrio,yang mana embrio ini terletak pada ujung (bagian atas yang bertangkai) pada tiap butir kelapa. Dari tiga calon embrio ini, umumnya hanya satu yang benar-benar jadi embrio.

Penumbuhan embrio kelapa kopyor hanya bisa dilakukan dalam lab dengan teknologi embrio kultur,jenis kelapa kopyor yang hendak akan dikonsumsi mulanya diambil dahulu embrionya. Di restoran yang menjual es kelapa kopyor, embrio ini akan dibuang bersama dengan tempurung kelapanya.

Padahal embrio tersebut sebenarnya masih bisa ditumbuhkan dalam lab. Penumbuhan embrio kelapa kopyor persis sama dengan penumbuhan khalus pada teknik kultur jaringan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>